Bagaimana Terjadinya Fenomena 4 Matahari Di China






Sebenarnya fenomena 4 matahari di China ini telah lama berlaku tetapi ceritanya kembali hangat sejak kebelakangan ini... jom baca kisahnya yang dipetik di sebuah blog dari negara jiran.


Munculnya fenomena alam 4 Matahari di China bikin heboh dunia maya. Terlebih adanya video youtube yang menguatkan Kejadian Aneh 2010 ini. Sempat beredar isu kalau hal ini merupakan pertanda akan datangnya hari kiamat. Sebelumnya juga pernah berhembus berita heboh tentang penemuan embrio Matahari Baru.

4 Matahari di China

Fenomena 4 Matahari ini direkam oleh warga di Kota Laiyang, Provinsi Shandong, China. Fenomena tersebut terjadi sekitar belasan menit, dari pukul 16.00 hingga 16.50 waktu setempat pada 27 Maret 2009. Munculnya empat matahari secara bersamaan kini sedang ramai dibahas di beberapa forum internet dan jejaring sosial.

Menurut ahli LAPAN, Thomas Djamaludin menegaskan hal itu fenomena alam biasa dan sering terjadi.

“Fenomena itu dinamakan sun dog atau anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil,” Fenomena sun dog juga pernah terjadi di Thailand dan Kazakhtan, pada Februari 2007.

Namun secara imlu pasti hal tersebut bisa di definisikan sebagai peristiwa parhelion atau yang lebih dikenal sebagai Sundog. Sundog adalah fenomena atmosferik yang menghasilkan titik terang cahaya di langit. Fenomena ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya. Sundogs dibentuk oleh pelat-kristal es berbentuk heksagonal di awan cirrus tinggi yang dingin dan melayang dimana udara pada tingkat yang rendah saat itu.

Kristal ini bertindak sebagai prisma, membelokkan sinar cahaya melewati mereka dengan sekitar sudut 22 derajat. Apabila kristal-kristal berorientasi secara acak, sebuah cincin lengkap mengelilingi matahari akan terlihat fenomena halo. Namun seringkali kristal-kristal tenggelam di dalam udara menjadi vertikal selaras sehingga sinar matahari dibiaskan horizontal.

Lihat video 4 Matahari di China berikut untuk memperjelas tentang gejala fenomena alam Sun Dog :






0 comments:

Post a Comment



Blog Archive

google-site-verification=UIIQk8hKReg9aDe9WrgxXxVavyJYB0E6JwZuqmRWhYQ