Cara Menuai Lavender






Anda tahu bunga lavender? Tumbuhan lavender mungkin memang jarang ditemui di Malaysia karena tumbuhan btersebut merupakan tumbuhan yang sebenarnya hanya dapat tumbuh dan hidup di daerah subtropics. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika hingga ke India. Seiring dengan berkembangnya jaman dan banyaknya penelitian yang dilakukan akan manfaat yang dikandung dari tumbuhan ini maka lavender semakin banyak dibudidayakan hampir disemua negara dunia.





Fakta Menarik Mengenai Lavender

Bunga lavender biasanya dijadikan sebagai bunga hiasan untuk mempercantik tampilan ruangan. Bunga ini memiliki warna yang khas yaitu warna ungu serta aroma yang sangat harum. Aroma lavender dikenal sebagai aroma yang lembut dan menenangkan sehingga dijadikan sebagai aromatherapy yang membuat seseorang yang menghirupnya merasakan sensasi rileks. Biasanya bunga lavender tersebut dijadikan aromatherapy untuk orang yang mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Bunga tersebut sama efektifnya seperti chamomile dalam membantu menenangkan saraf yang tegang dan lelah sehingga lebih memberikan efek ketenangan. Dengan begitu lavender dikategorikan sebagai herbal yang mampu memiliki kegunaan sebagai terapi khusunya bagi orang- orang yang memiliki masalah insomnia dan sering merasakan sakit kepala. Selain itu ternyata bunga lavender juga sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat produk kecantikan dimana khasiat tersebut terletak pada minyak lavender yang dapat membuat kulit menjadi sehat dan cantik.

Lavender memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang sebenarnya telah dikenal sejak dahulu. Kandungan yang ada di dalam bunga berwarna ungu tersebut mampu mengobati jerawat dan juga membantu pemebentukan jaringan parut pada kulit sehingga luka bekas jerawat yang ada akan lebih cepat sembuh dan noda yang ditinggalkannya akan lebih cepat hilang. Hal ini dikarenakan didalam lavender tersebut juga mengandung zat linanool dan naturopath. Selain dapat digunakan untuk wajah, minyak lavender juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut. sama seperti minyak zaitu, minyak bunga lavender juga memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe dan juga mencegah kerontokan rambut pada kulit kepala sehingga rambut menjadi tetap sehat dan kuat serta memberikan aroma harum pada rambut.

Berdasarkan penelitian kesehatan, ternyata selain digunakan untuk bagian luar ternyata minyak bunga lavender juga dapat digunakan untuk kesehatan dalam tubuh. Ahli kesehatan telah menemukan penelitian baru bahawa minya bunga lavender ternyata mampu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit dengan cara menurunkan aliran hormone stree kortisol yang ada di dalam tubuh tersebut. dengan kata lain bunga lavender tersebut merupakan obat herbal yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kini bunga lavender tersebut semakin dikembangkan manfaatnya termasuk banyak digunakan sebagai campuran bahan untuk produk anti nyamuk karena berdasarkan penelitian aroma dari bunga lavender tersebut merupakan aroma yang sangat tidak disukai oleh  nyamuk.


Jom lihat bagaimana mereka menuai Lavender:
















0 comments:

Post a Comment



Blog Archive

google-site-verification=UIIQk8hKReg9aDe9WrgxXxVavyJYB0E6JwZuqmRWhYQ