5 Penyakit Yang Diwarisi Keluarga





Sejarah keluarga memegang peranan penting dalam menentukan kesihatan seseorang. Misalnya jika dalam keluarga ada penyakit kanser, itu bererti kita atau anak-anak kita memiliki kemungkinan untuk mewarisi gen yang sama.


1. Tekanan darah tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal atau kronis (dalam waktu yang lama). Untuk mengetahuinya perlu dilakukan pengukuran tekanan darah. Jika tidak segera diubati ianya dapat meningkatkan risiko strok atau serangan jantung.

Risiko diturunkan: Jika salah satu orang tua Anda memiliki tekanan darah tinggi, risiko mendapat penyakit ini sebesar 15% atau lebih tinggi.


2. Kolesterol tinggi
Dalam keluarga yang sama, biasanya ahli keluarga mempunyai risiko kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh perubahan gen dimana lemak tidak dimetabolisma dengan baik dalam darah dan berkumpul di arteri.

Risiko diturunkan: Dr Nigel Capps mengatakan, jika salah satu orang tua Anda memiliki hiperkolesterolemia familial, maka Anda memiliki risiko 50% mendapatkan penyakit tersebut.


3. Hipotiroid
Hipotiroid terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroksin. Gejala yang muncul biasanya sering merasa kelelahan dan penurunan berat badan. Penyakit ini tujuh kali lebih mungkin terjadi pada perempuan.

Risiko diturunkan: Dr Mark Cohen iaitu konsultan dari endokrinologi dari Spire Bushey Hospital, Hertfordshire mengatakan jika memiliki saudara atau ibu dengan tiroid (kurang aktif), maka Anda memiliki risiko 20 kali lebih mungkin untuk mendapatkannya.


4. Gangguan Bipolar
Gangguan bipolar (juga dikenal gangguan manik depresi) adalah suatukeadaan yang menyebabkan period depresi yang hadir disebabkan oleh stress juga ketidakseimbangan kimia di otak, dan pengaruh faktor genetik.

Risiko diturunkan: Jika ada orang tua yang memiliki penyakit ini, maka risiko untuk setiap anak-anak mereka mengalami hal sama adalah sebesar 10-15%.


5. Diabetes
Umumnya gejala awal diabetes tidak dapat dikesan. Risiko mengidap diabetes cukup tinggi jika keluarga, orang tua atau saudara Anda juga memiliki riwayat penyakit ini.

Risiko diturunkan: Jika ada salah satu orang tua mengidap diabetes, risiko penyakit itu diturunkan sebesar 15 %. Tetapi jika kedua orang tua mengidap diabetes, risiko penyakit itu diturunkan kepada anak mereka adalah sebanyak 75 %. Namun, faktor lain seperti kegemukan, malas olahraga dan makan yang tidak sihat dapat meningkatkan lagi penyakit diabetes.

Kenalpasti penyakit keturunan dahulu dan pastikan mengamalkan gaya hidup yang sihat untuk kesihatan yang maksimum.


0 comments:

Post a Comment



Blog Archive

google-site-verification=UIIQk8hKReg9aDe9WrgxXxVavyJYB0E6JwZuqmRWhYQ